Anda Bertanya Mamang Ayub Menjawab

Jadi sekitaran bulan puasa kemaren saya iseng bikin sesi tanya jawab di akun Line saya, isinya yaa hanya menjawab pertanyaan teman-teman baik, tujuannya jelas hanya untuk senang-senang dan menghabiskan waktu menunggu kiamat.

Caranya sih mudah, teman-teman bertanya kepada saya secara personal lalu saya jawab, jawabnya apa yang ada di pikiran saya saja.

Respon teman-teman asik sekali, dan banyak pertanyaan yang masuk ke akun Line saya, tapi hanya sedikit yang bisa saya jawab, ya kamu harus maklum karena mendadak saya harus sibuk menyelesaikan urusan dunia yang tidak ada habisnya, ih gemes.

Beginilah isi tanya jawab itu...


*** 


ANDA BERTANYA MAMANG AYUB MENJAWAB (1)

Kali ini mamang dapat pertanyaan dari Bang Hendra Mahyudhy,
begini pertanyaannya :

Assalamulaikum.

Mudah-mudahan mang Ayub sedang tertidur nyenyak, dan membaca pesan saya di dalam mimpi yang empuk.

Saya hanya mau nanya,

Hantu itu sebutannya gimana?

Seorangkah, sebuahkan, seenggokkah, sebutirkah, se-apakah hantu itu mang Ayub?

Mohon pencerahannya.

Wassalam.
Terima kasih.
Selamat tinggal Mang.

Babay.


LANGSUNG JAWAB YA...

Waalaikum salam,
Sebelumnya terima kasih kepada bang Hendra yang sudah menanyakan hal ini.

Begini bang hendra,

Kita kembali ke sekitar 900 tahun yang lalu saat dinasti Ming sedang berkuasa di dataran China, pada saat itu konon terjadi musim paceklik yang melanda utara China sampai ke Mongolia, dan saat itu kaisar yang berkuasa mengambil keputusan penting yaitu memerintahkan anak buahnya untuk jalan jongkok dari China sampai ke Jeddah.

Singkat cerita di perjalanan yang sudah dilalui hampir 70% sambil jongkok itu pimpinan perjalanan menerima surat yang dibawa oleh merpati pos, alangkah terkejut pimpinan perjalanan ketika membaca surat tersebut karena ternyata dia salah dengar perintah kaisar beberapa bulan yang lalu, sebenarnya kaisar menyuruh pergi ke Jepang, bukan ke Jeddah.

Ratusan tahun berlalu semenjak kejadian itu tepatnya di Jakarta, seorang emak-emak yang baru pulang taraweh melewati sebuah warteg, di dekat warteg tersebut banyak sekali anak kecil yang sedang berkumpul, tak lama kemudian... DORRRR!! bunyi petasan yang dimainkan anak-anak mengagetkan ibu tersebut, sontak beliau teriak WOOYY! SETAN NI BOCAH!!

Nah bang Hendra yang manis, jadi bisa disimpulkan dengan asumsi hantu=setan, maka hantu disebutnya sebagai sebocah.

Semoga jawaban ini dapat membantu rasa penasaran bang Hendra, ingat tidak ada yang sempurna di dunia ini karena sempurna hanya ada jika sudah 4 sehat.

Wabillahitaufik walhidayah,
Wassalamualaikum Wr Wb..


*** 


ANDA BERTANYA MAMANG AYUB MENJAWAB (2)

Kali ini Mamang dapat pertanyaan dari Ayu Nadila Aulia, berikut pertanyaannya :
AYU 🙋
Assalamualaikum, curhat dong manggg, yuuukkk

Kalau mantan datang kerumah bawa harapan gimana mang ?
JAWABAN MAMANG 👳

Waalaikum salam, sebelumnya mohon maaf, password yang benar adalah "Assalamualaikum, ke Semarang beli kuaci, beli kuaci di toko oli, aku di sini bukan untuk bernyanyi, tapi untuk konsultasi duniawi"

Ulang dulu ya... Biar sah
AYU 🙋
Bentar bentar
Oke diulang

Assalamualaikum, ke semarang beli kuaci, beli kuaci di toko oli, aku di sini bukan untuk bernyanyi, tapi untuk konsultasi duniawi

Mamang ayubb gimana kalau mantan datang ke rumah bawa harapan?

LANGSUNG MAMANG MENJAWAB 👳

Waalaikum salam dik Ayu Nadila Aulia,

Begini, harusnya dijelaskan dulu apakah mantan yang dimaksud? Mantan presiden? Kalau mantan presiden apalagi mantan presiden Somalia kita harus menyambutnya dengan semangat, persoalan mengerti atau tidak bahasa Somalia tidak masalah, kalau bisa bujuk beliau memindahkan Somalia ke daerah Cibinong, biar deket aja engga usah jauh kalo lagi kangen Somalia.

Tapi ini akan berbeda jika mantan yang dimaksud adalah mantan... Kepala desa.

Coba lihat, yang ada cuma pak kepala desa, tidak ada pak kepala kota, mana keadilan?? Ini harus diusut tuntas! Penegakkan hukum harus diperkuat! Uhuy!

Lalu soal harapan, saya jadi ingat punya teman namanya Andi Harapan, dia dulu suka baca majalah Bobo dan majalah Hai, jadi Bobohai. Ah jadi sedih kan ingat teman saya itu, karena dia pernah berhutang jawaban... atas segala kerisauan.

Singkat kata dik Ayu(b),
Tetap ingat kata pepatah Thailand kuno "ทําอย่างไรจะปราศจากโรคและชะลอความชรา. นานมีบุคส์พับลิเคชั่น"

Semoga jawaban di atas bisa membantu atas segala kerisauannya.

Wabillahitaufik Walhidayah,
Wassalamualaikum Wr Wb

*** 

ANDA BERTANYA MAMANG AYUB MENJAWAB (3)

Kali ini mamang dapat pertanyaan dari saudari A.R Nadhira via merpati pos... kamling.

Begini pertanyaannya :
A.R NADHIRA 🙋
Selamat pagi mamang ayub
Saya mau bertanya
JAWAB MAMANG AYUB 👳
 
Bentar mamang mau ngasih makan jerapah kesayangan dulu,



 

















Ya, udah selesai, mau nanya apa tadi? 

A. R NADHIRA 🙋

Okay mang, jadi begini pertanyaannya,

Kenapa kalau panggilan ke kakak untuk orangtua dalam bahasa sunda hanya uwak saja untuk lakilaki dan perempuan?

Sementara seperti yang kita tau, kalau adik lakilaki orangtua kita dipanggil om, sementara yang perempuan dipanggil tante

Ada perbedaan dan selalu berpasangan lakilaki dan perempuan

Tapi kenapa kalau uwak, mau lakilaki atau perempuan selalu sama panggilannya uwak
Begitu saja mang, billahitaufik walhidayah wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

JAWAB MAMANG AYUB 👳
 
Waalaikum Salam Nadhira

Begini, mamang mulai dengan sebuah cerita ya,

Pada zaman dahulu kala hiduplah seorang ibu yang mempunyai anak laki-laki, ibu tersebut menyayangi anaknya dengan sepenuh hati, dan tak terasa anaknya beranjak dewasa, pada usia 22 tahun anak tersebut meminta izin kepada ibunya untuk merantau, berat rasanya hati sang ibu untuk mengizinkan sang anak pergi jauh tapi karena rasa sayang yang teramat akhirnya sang ibu memberi izin kepada anak untuk merantau.

Hari berlalu, bulan beranjak, tahun berganti. Tak ada kabar sama sekali dari sang anak, sehingga sang ibu yang jelas semakin tua menjadi resah akan nasib sang anak. Hingga di suatu hari yang cerah ibu tersebut mendapat kabar bahwa akan bersandar sebuah kapal besar milik pengusaha kaya raya yang memiliki istri yang sangat cantik.

Mendengar kabar itu, sang ibu bergegas pergi ke pelabuhan, riuh ramai kehidupan pelabuhan membuat beliau bingung mencari kapal mana yang dimaksud, hingga akhirnya dia melihat seorang juragan tampan yang baru turun dari kapalnya, ibu tersebut berlari sekencang-kencangnya menuju kapal, sesampainya di pinggir kapal beliau berteriak.

"Tuan... Kalau hamba boleh bertanya..."

Mendengar suara seorang wanita tua yang terdengar sangat familiar di telinganya, juragan itupun menyahut

"Iya... Boleh, mau bertanya apa?"

Dan ibu mengajukan pertanyaannya

"Bagusan mana, Indomaret atau Alfamart?"

"Maaf bu, saya netral, nama saya Eno"

"DUA JUTA RUPIAAAAH!"

Ternyata ibu tersebut adalah kader sebuah acara kuis sahur.

Nah dik Nadhira, semoga jawaban dari mamang dapat mengobati rasa penasaran dari pertanyaan yang diajukan.

Billahitaufiq Walhidayah
Wassalamualaikum Wr Wb

Share:

1 komentar:

  1. bahaha yub....karek apal euy aya blog maneh.
    join ka warung blogger atuh, mbeh lba nu blog walking.
    salam hangat dari
    gariswarnafoto.com

    BalasHapus